Jenis Mobil mini 4wd
Seiring dengan perkembangannya di Indonesia, Ada beberapa jenis
tamiya mini 4 wd yang biasa dimainkan / dilombakan.
1.
Tamiya standart
Tamiya
yang tidak dimodifikasi, untuk mengatasi rintangan track jenis ini tidak stabil
karena belum menggunakan tambahan / modifikasi apapun. Pemakaina Kap/ Body
wajib pada kelas ini
2.
Standart Original.
Tamiya
yang boleh dimodifikasi dengan menggunakan bahan part original buatan produsen
mini4wd. Modifikasinya tidak terlalu ekstem, dan mudah. Karena part yang
digunakan sudah instan dari pabrikan. Pemakaian Kap / Body wajib dalam kelas
ini.
3.
Tamiya Standart Nasional ( slope / sloop ).
Tamiya
yang telah dimodifikasi dengan ketentuan tertentu, sehingga saat melintasi rintangan track mempunyai
kestabilan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tamiya kelas standart.
Kelas ini mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Setting dan ukuran
menuntut ketelitian dan perhitungan pada pembuatannya karena jenis sloop ini
harus mampu menghadapi rintangan track seperti superball, halilintar, tikungan
tajam, Jumping dll.
4.
Speed,
Tamiya yang modifikasinya mengutamakan kecepatan, modifikasi yang
dilakukan adalah memperkuat bagian-bagiannya agar tahan benturan. Seperti
memasang tambahan bumper dengan bahan PCB fiber atau bahan karbon. Pemasangan
bearing pada roller, dengan ukuran tertentu. Modifikasinyapun dilakukan pada
ban. Dengan menggantikan velg dari bahan teflon, karet ban diganti dengan jenis
spon. Sayangnya yang beredar dipasaran pan spon ini kualitasnya kurang cocok
dengan mainan ini, sehingga tidak bisa mendapatkan GRID yang bagus. Penggunaan
bearing dan settingan yang pas akan meningkatkan kecepatan tamiya jenis ini
walaupun menggunakan motor standart-nya.
5.
Nascar,
Adalah jenis penyempurnaan dari Speed. Bumper-bumper tambahan dari PCB
fiber pun diganti dengan jenis karbon yang dianggap lebih kuat dan lebih
ringan. ( sekalipun harganya juga lebih mahal ). Nascar juga menuntut
ketelitian perhitungan dalam pembuatannya. Sekalipun track nascar hanya track
yang panjang dan lurus, namun saat bertemu tikungan jenis ini harus mampu
melintasinya dengan aman karena kecepatan jenis ini sangat tinggi. Disebuah
tikungan membutuhkan kestabilan yang prima, karena sedikit oleng akan berakibat
fatal.
6.
Drag ,
ini
hanya melaju pada track lurus pada jarak tertentu. Selain modifikasi yang
dilakukan mirip dengan jenis lainnya, biasanya hanya menggunakan 4 buah roller,
dan beratnyapun diusahakan seringan mungkin. Motor yang digunakan dimodifikasi
dengan motor putaran tinggi (RPM) . tidak heran jenis ini untuk menghentikan,
menangkap mobil jenis drag harus menggunakan alat penangkap seperti spon, kain
dan bahan lain untuk melindungi tangan agar tidak cidera
sebenarnya masih ada satu jenis lagi yang penulis pernah mainkan, yaitu jenis Handycup. Jenis ini dilengkapi dengan rem spon pada bagian bawah bumper depan dan bumper belakang. sayang jenis ini sudah jarang dilombakan karena sulitnya mendapatkan spon rem dipasaran.
sebenarnya masih ada satu jenis lagi yang penulis pernah mainkan, yaitu jenis Handycup. Jenis ini dilengkapi dengan rem spon pada bagian bawah bumper depan dan bumper belakang. sayang jenis ini sudah jarang dilombakan karena sulitnya mendapatkan spon rem dipasaran.
2 komentar:
Gan mao tanya dong,,saya baru beli mobilan gas aki model jip..baru 2 hari pas powernya dinyalain ban langsng bergerak maju tanpa di injek pedal gasnya..kenapa ya gan,,mohon infonya!mksh
Selamat malam.... kang mau tanya . Mobil2an kalau lampunya gak hidup .apnya ya bang... pdahal mobilan baru... matursuwun
Posting Komentar