REGULASI LOMBA TAMIYA
MINI 4WD STANDARD ORIGINAL 100%
Chassis
• Chassis harus menggunakan chasis merek TAMIYA.
• Diperbolehkan mengurangi bagian chasis dengan di lubangi atau di potong.
• Diperbolehkan mempergunakan lem cair (alteco, super glue, aron alpha, dsb) untuk memperkuat dan memperbaiki chasis.
• Diperbolehkan mempergunakan TAMIYA Cement untuk memperkuat chasis.
• Diperbolehkan memperkuat bagian-bagian chasis hanya dengan mempergunakan sparepart TAMIYA yang dimodifikasi dan direkatkan ke chasis mempergunakan lem cair ( lihat point sparepart Tamiya )
• Dilarang menggunakan material tambahan yang dapat mengubah bentuk chasissemacam fiber, kevlar, araldite, epoxy, hot glue, busa rokok, abu rokok, dsb
Spare parts
• Menggunakan 100% Parts Tamiya
• Jumlah Roler yang digunakan adalah maksimal 3 pasang (akar 2 pasang dan bumper
depan 1 pasang)
• Diperbolehkan memodifikasi spare parts baik memotong, melubangi, maupun merekatkan, selama masih
dalam fungsinya.
• Dilarang menggunakan meaterial tambahan yang bisa merubah bentuk spare part tamiya seperti fiber
araldite, epoxy, hot glue, busa rokok, abu rokok dsb
• Panitia berhak menanyakan nomor item parts yang diperiksa,jika peserta tidak dapat menyebutkan nomor
item parts yang ditanyakan, maka panitia berhak melarang peserta untuk menggunakan parts tersebut.
• Jumlah Roler yang digunakan adalah maksimal 3 pasang (akar 2 pasang dan bumper
depan 1 pasang)
• Diperbolehkan memodifikasi spare parts baik memotong, melubangi, maupun merekatkan, selama masih
dalam fungsinya.
• Dilarang menggunakan meaterial tambahan yang bisa merubah bentuk spare part tamiya seperti fiber
araldite, epoxy, hot glue, busa rokok, abu rokok dsb
• Panitia berhak menanyakan nomor item parts yang diperiksa,jika peserta tidak dapat menyebutkan nomor
item parts yang ditanyakan, maka panitia berhak melarang peserta untuk menggunakan parts tersebut.
Ban dan Velg
• Harus menggunakan ban dan
velg merek Tamiya.
Gearset
• Harus menggunakan gear set
Tamiya.
• Modifikasi gear sebatas
menambahkan bearing.
• Pinion yang digunakan harus pinion Tamiya 8T dan
Original Tamiya.
Mesin
• Diwajibkan menggunakan dinamo
merek Tamiya yang sesuai peruntukannya (Pro &
Klasik).
• Dilarang melakukan modifikasi
apapun pada dinamo.
• Dilarang mempergunakan dinamo
yang pernah dibuka.
• Diperbolehkan menggunakan
segala macam penetrant, contact cleaner dan semprotan
pendingin.
• Panitia berhak menahan
mesin yang dicurigai tidak sesuai dengan peraturan.
Demensi Ukuran Mobil
• Lebar max 105mm
• Panjang Max 165mm
Tinggi max 70mm
• Ketinggian dari ground minimal 1mm
• Lebar ban 8-26 mm
• Diameter ban 22-35mm
Body/Kap Tamiya
• Harus menggunakan body
Tamiya.
• Boleh menghias dan mengurangi
bagian body selama tetap memperlihatkan bentuk
aslinya.
• Body tidak boleh terlepas
selama race berlangsung. Diperbolehkan merekatkan dan
mengikat body ke chasis.
• Body/Kap harus menutupi mulai
dari depan tutup on off hingga gearbox belakang
ke batas chassis bagian
belakang.
Setting Tamiya
• Wajib menggunakan setting 4WD
• Dilarang membahayakan mobil
lain atau merusak track.
• Corona / roller lainnya dapat
digunakan di tiang dalam kondisi terkunci
(locked). Jika ditemukan dalam proses
scrut corona atau roller atas dapat
berputar maka driver dinyatakan gugur pada
race tersebut.
• Bearing as roda yang
digunakan adalah 2x6 merk tamiya (#15034, #15111), bearing
2x5 (#15347) dengan
merk tamiya dapat digunakan di as roda hanya pada N04/T04
Tamiya PRO (#94772)
• Dilarang memotong tiang
roller untuk bumper depan dan bumper belakang.
• Dilarang menguatkan chassis
dan sparepart menggunakan bahan selain FRP tamiya
atau penguat bumper super-1
(#15220)
Pertandingan
• Pertandingan menggunakan
system gugur dan menempuh
Peserta yang dapat menempuh 3 lap
secara penuh dan masuk ke finish terlebih
dahulu berhak mendapatkan tiket ke
babak selanjutnya kecuali pada semifinal dan
final akan dilihat menyesuaikan
kondisi yang berlaku.
• Satu nama driver hanya dapat mewakili dirinya sendiri dan tidak
dapat
diwakilkan. (berlaku di GrandPrix STO 2012)
• Dalam satu seri, satu nama driver berhak membeli maksimal 100
tiket lomba.
(berlaku di GrandPrix STO 2012)
• Driver harus mengikuti minimal 6 seri agar bisa di akumulasikan
• Nametag harus selalu digunakan selama pertandingan, dan
dikembalikan kepada
panitia pada akhir pertandingan.
• Jika nametag hilang dapat mengambil lagi dimeja pendaftaran dengan
membayar
pengganti nametag Rp. 10,000,-
• Poin yang di dapat oleh driver tidak dapat dipindah tangankan.
Pemeriksaan
• Pemeriksaaan oleh panitia
dapat dilakukan kapan pun selama perlombaan
berlangsung.
• Panitia berhak memeriksa
secara menyeluruh dan berhak membongkar jika ditemukan
bagian yang
mencurigakan.
• Peserta yang tamiya nya tidak
lulus pemeriksaan setelah finish, kupon yang
diperoleh hangus.
Sanksi
• Panitia berhak membatalkan
kupon, menahan mobil, atau melarang driver mengikuti
lomba jika ditemukan
kecurangan atau pelanggaran.
• Pelanggaran regulasi mesin.
Bila ditemui pelanggaran mesin pada saat lomba
berjalan, peserta bersangkutan
harus mengganti dg mesin yang memenuhi regulasi
mesin supaya bisa melanjutkan
lomba.
• Bila ditemui pelanggaran
regulasi setelah mengikuti babak final; poin, hadiah,
dan piala batal diberikan
kepada pelanggar. Posisi pemenang yang lulus
pemeriksaan akan menyesuaikan
setelah posisi pelanggar dihapus.
Keputusan Panitia
• Keputusan Panitia adalah
mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
• Dengan mengikuti event ini maka peserta dianggap telah
membaca peraturan ini
dan telah setuju dan akan bersedia menaatinya serta
menerima segala keputusan
yang dibuat panitia.
Komplain & Protes
• Driver dapat melakukan protes
dengan mengajukan komplain dan protes
kepada panitia secara tertulis dan menyerahkan deposit sebesar Rp. 500.000,-
• Apabila komplain dan protes diterima maka deposit akan di kembalikan kepada driver yang mengajukan protes.
• Apabila komplain dan protes
ditolak oleh panitia, maka deposit sebesar
Rp 500 000,- akan menjadi milik panitia.
Sumber : Tamiya Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar