Banyak yang masih bingung dengan bagian ini. Terbukti banyaknya pertanyaan “simpang siur” yang masuk menanyakan bagian ini. Maka sekali lagi akan saya share kepada anda cara termudah mendeteksi dan mengatasi kerusakan rangkaian kemudi. Ibarat makanan, akan saya suapkan makanannya.. anda tinggal mengunyah, menikmati, menelannya habis-habisan dan keennyyaaaaaaang.. hehehe...
Perhatikan gambar skema kemudi dibawah ini [syukur-syukur bisa hafal..hehehe..]
Gbr.1 - Skema Rangkaian Kemudi |
Q7 & Q8 = 8550 Q9 & Q10 = 8050
A & B Titik Sambungan Motor Kemudi
Lakukan pengukuran tegangan seperti tabel dibawah dengan menggunakan Volt-meter
Diukur saat “hidup tanpa perintah” [standby].
Gbr.2 - Tabel Pengukuran |
PERHATIAN KERAS.... :-).. :-) :-)
Pada penggantian transistor yang rusak, dilakukan dengan memperhatikan kaki-kaki TR [ Basis, Collector, Emitor ], bukan berdasarkan kedudukan kaki-kaki TR pada PCB, tapi berdasarkan identifikasi kaki-kaki transistor menggunakan Ohm-meter dengan benar serta skema yang ada. Perhatikan juga jalur PCB pada kaki- kaki TR, terutama 8050 dan 8550. Karena berkali-kali saya jumpai TR dengan seri yang sama dengan TR bawaan yang letak kakinya sama namun beda letak Basis. Kolektor Emitor-nya. Hal ini disadari penulis setelah berkali-kali gagal dan menghabiskan lusinan 8050 dan 8550 Disinilah perlunya pengecekan kaki-kaki TR dengan Multimeter dengan teliti.
Nah.. inilah langkah cepat deteksi kerusakan pada rangkaian kemudi .. semoga dapat membantu anda sekaligus memperjelas pertanyaan yang simpang siur
WARNING :
Catatan : Apakah anda kesulitan memahami bahasa yang saya gunakan..?? Silahkan tinggalkan saran di kotak komentar
[ Note: Do you have trouble understanding the language that I use ..? Please leave suggestions in the comment box. ]
19 komentar:
mas misalkan mau servicekan problem di atas bisa tidak?
untuk pengerjaannya Bisa. cuma maaf...males ngurusi kirim mengirim..ngurus transfer.. dll. maaf yha..
yahh~ padahal transistor udah aku ganti trus tegangannya normal, tetep aja ga bisa belok , jd gimana nih
maaf om klo untuk charger modif sendiri biar cepat penuhnya bisa dishare g om.....txs sblmnya.NASURYA
Pak kalau RC saya tidak ada arus yang keluar sama sekali yang menuju motor kemudi, kira kira pada komponen mana yang rusak ya???(untuk arus ke motor belakang normal aja)
benar jika tidak anda perintah. namun jika anda printah tdak ada tegangan, coba anda cek tegangan pd tr/r 1k, putar2 kemudi ada tegangan nggak. klo ada Q7 - Q10 diganti. teliti & hati2 dalam penggantian sangat dianjurkan
Kalau mau menambah lampu apa harus ganti transistor?
maksudnya lampu apa?
Mas saya coba modifikasi jadi 2 baterai (baterai tambahan) waktu baterai tambahan saya pasang, tanpa perintah dari remote mobilnya langsung jalan. Setelah kejadian tersebut mobil tidak bisa mundur dan fungsi turbo juga tidak bisa. Mohon bantuannya. Terimakasih.
Alziqra: anda menggunakan cara yang mana dulu? kemudian urutkan lagi sebelum anda isi dengan tegangan baterai [on] setelah yakin baru anda on. pada kasus anda saya yakin penyambungan / penggabungan baterai yang anda lakukan belum tepat.coba cek / cocokkan dengan cara yang anda ikuti.
Asalamualaikum.. mf gan byant. Numpang tanya.. yg speed 2 tambah batre itu.. relay tambahannya di sambung sama relay yg ada dpcb tau ke yg laen.. n kabel dr relay tambahan yg langsung ke. Dinamo jadi kabel yg nempel ke di.amo ada 3 gitu bkn ?
Mf.. saya pake rc sanzuan 1:14 pcb nya ada 2 relay.. speed 1&2 kecepatannya sama rencananya speed 2 mau saya jadiin turbo..dg di pasang batre tambahan...
Tp klw boleh tau ada cara supaya speed 2 jadi turbo tanpa tambah batre gk gan?..
mohon bantuannya.. :)
Gan udh ganti semua tr nya q7 s/d q10 tp ttep on terus tnpa perintah,kira2 itu apanya ya? Mksh
gan,transistor kemudiku kan rusak dan sudah tak ganti.berhasil gan!tp baru tak pakai beberapa menit rusak lagi.kira2 kenapa ya gan??
>> Adiavia : kemungkinannya ada pada motor, mungkin penyambungannya masih kurang baik,
>>adivia : atau condensator keramik yang ada pada kaki motornya
Om, mobil RC ku,
Kemudinya kalo dari posisi normal, kemudian dibelokin ke kiri atau ke kanan, (sudut) beloknya nggak full (mungkin cuma setengah dari yang seharusnya).
Tapi kalo dari posisi belok KANAN/KIRI, kemudian langsung dibelokin ke arah sebaliknya, maka sudut beloknya full.
Misal :
Ketika sedang jalan lurus, kemudian dibelokin ke kanan/kiri ==> beloknya nggak full.
Ketika sedang jalan sambil belok, kemudian langsung dibelokin (banting stir) ke arah berlawanan ==> beloknya full.
Keadaan nggak jalan/ berhenti mobilnya, steeringnya juga seperti itu.
Gimana tuh Om ?
Makasih banyak om.
Dhony : mekanis stir ada yang nggak lancar / nyangkut
Saya hendrik,
om kalo rc nyantol2/jalan sendiri gasnya itu yg diganti ap ya???nuwun
Posting Komentar