Rabu, 14 November 2012

SEKILAS TENTANG RELAY PADA RCQD


RELAY
[FOR BEGINNERS]

Artikel ini nggak ada apa-apanya bagi anda yang ahli dalam bidang elektonika  dan jika anda merasa sia-sia membaca artikel ini saya memakluminya, silakan ”skip” artikel ini. Namun tidak demikian bagi anda yang hobbi dengan RC QD..terutama yang tidak mempelajari elektronika secara khusus, mungkin “info – ringan” ini berguna.

Artikel ini saya maksudkan untuk menjembatani artikel cara pertama MENGATASI BRAKE PADA RCQD DENGAN DIODA dan artikel cara kedua MENGATASI BRAKE PADA RC QD MENGGUNAKAN RELAY 

SEKILAS TENTANG RELAY  

Adalah sebuah komponen yang cara kerjanya seperti saklar, pergeserannya di gerakkan dengan magnet tidak permanen, yang dihasilkan dari sebuah kumparan didalamnya. Jika kaki kumparan dialiri arus, kumparan akan menghasilkan medan magnet yang kemudian menggerakkan saklar.

Bermacam jenis, model dan bentuk dan ukuran relay. Pada artikel ini hanya menyajikan relay yang digunakan pada rcqd saja.

Relay yang digunakan pada rcqd umumnya menggunakan relay berkaki 5, dengan tegangan kerja 5 sampai 9 volt dc. Yang tertera di bagian luar [atas] komponen ini.


Bentuk relay :
tampak atas


Bagan letak / posisi kaki relay sebenarnya bisa dibaca dibagian bawah relai pada bidang dimana terletak kaki-kakinya.


Hasil gambar foto saya perjelas dengan gambar dibawah ini :


Letak kaki-kaki relay


Kaki no.2 dan no.3 merupakan ujung-ujung kumparan.


Kaki no.1 dan no,4 dan no.5 merupakan saklar on/off satu induk.

Jelasnya, Kerja relay : 
Saat kaki no.2 dan no.3 [kumparan] tidak ada tegangan maka kaki no.1 dan no.4 tersambung, sedangkan no.5 tidak tersambung.
Saat kaki no.2 dan no.3 [kumparan] dialiri tegangan, maka kaki no.1 dan no.4 akan terputus sedangkan no.1 dan no.5 akan tersambung.

Kerja inilah yang dimanfaatkan untuk menggerakkan putaran motor pada RCQD.  Baik speed-1, speed-2 , maupun mundur.
Penerapan relay pada RC QD  :



Semoga topik "sederhana" ini akan bermanfaat dan menghasilkan sesuatu yang "tidak sederhana."

WARNING :


ARTIKEL INI ADALAH HASIL EXPERIMENT DARI BIYANT RUMPOKO, BUKAN MERUPAKAN COPAS ATAUPUN EDITAN DARI BLOG MAUPUN SITUS LAIN

3 komentar:

IRAWAN mengatakan...

gan kalo motor kemudi kekuatan putarnya ngak sama gimana tu gan... misal kalo ke kanan bisa kencang tp arah sebaliknya muter tapi kurang kuat jadi g mw belok.

biyant_rumpoko mengatakan...

kekanan normal kekiri lemah, ada TR kontrol kirinya lemah [bocor]

Anonim mengatakan...

Mas biayant aku punya rcqd 40 mhz (rock crowler)
Remotnya gak fungsi, klo di on transistornya panas.
Remot ku pake Tr (c h8050).
Berdasarkan ilmu dari blog mas biyant aqu udah ganti Trnya pke s 8050 dan penyesuaian kakinya sesuai dengan tutor mas biyant.
Yang jdi mslahnya remot ku masih gak fungsi malah tr yang digantipun panas juga.
Mas biyant tolong bantu dong.
Salam kenal n makasih sebelumnya
Aku Roland

Poskan Komentar