Jumat, 12 April 2013

MEMPERBAIKI RC-QD - Part II

Memperbaiki Unit Penerima

Setelah pada bagian pertama membahas cara perbaikan pada remote unit [TX], maka bagian ini akan membicarakan perbaikan receiver [ rangkaian penerima ] yang terdapat pada mobil rc [QD] namun topik ini terlalu panjang untuk di tulis dalam satu  artikel, maka kali ini hanya membahas bagian kemudi saja. Untuk bagian lain akan diposting melalui artikel lain.

Kemudi

Pada rc qd , rangkaian elektronik pengendali kemudi memang sering rusak, rata2 karena terjadi beban lebih sehingga transistornya tidak mampu. Yang terjadi berikutnya adalah transistor rusak, dan kemudinya tidak berfungsi [tidak bisa belok ]

Karena yang akan kita hadapi adalah komponen elektronika, maka perbaikan pada rangkaian ini membutuhkan kecermatan, dan sedikit pengetahuan dasar elektronik. Pemahaman tentang transistor sangat dibutuhkan untuk bisa memperbaiki [kecuali memang mau coba2 dengan resiko semakin rusak atau BERHASIL ]. 

Namun bagi pakar dan praktisi elektronika artikel ini nggak ada nilai tambahnya...  mereka dengan mudah mampu mengatasinya. 
Rangkaian ini terdiri dari 6 buah transistor. 2 buah berfungsi untuk penguat pemicu perintah [ satu kiri, satu kanan ] kemudian 2 buah untuk penggerak putaran kekiri, 2 buah lagi penggerak putaran kekanan. Dibantu 4 buah resistor yang berfungsi untuk pembatas arus dan titik kerja transistor.

Sekilas  gambaran cara kerja rangkaian

Skema ini dikenal dengan H-Bridge.  Gambar skema ini sudah ada pada artikel terdahulu. Namun untuk memudahkan pemahaman  maka digunakan lagi. Dan sebelum melangkah cara perbaikan disarankan untuk memahami cara kerja rangkaian.

gbr-01

Saat perintah belok kiri ditekan, penerima mendeteksi sinyal perintah kemudian menghidupkan kaki IC no 6, jika Kaki IC No.6 hidup, maka Q6  akan menghantar dan mengaktifkan Q3 dan Q4 secara bersamaan. Saat  Q3 “on” maka akan menghantarkan kaki motor A ke tegangan negatif, sedangkanpada Q4yang juga“on”akan menghantarkan kaki motor B ke tegangan positif. Maka motor akan berputar kearah kiri.

Saat perintah belok kanan ditekan, penerima mendeteksi sinyal perintah kemudian menghidupkan kaki IC no 7, jika Kaki IC No.7 hidup, maka Q1  akan menghantar dan mengaktifkan Q2 dan Q5 secara bersamaan. Saat  Q2 “on” maka akan menghantarkan kaki motor A ke tegangan positif, sedangkan  pada Q4 yang juga “on” akan menghantarkan kaki motor B ke tegangan negatif. Maka motor akan berputar kearah kanan.

Ciri-ciri letak komponennya adalah dekat kabel motor depan.  [review pada salah satu model PCB]

gbr-02

gbr-03

Pengecekan Rangkaian.

Melihat dan mengamati phisik transistor  [dalam kotak merah pd gbr-02 / gbr-03 ] apakah ada kerusakan pisik pada transistor misalnya melepuh, retak, berlubang, bahkan pecah. Jika hal menemui hal ini, maka  ganti TR yang rusak dengan yang baru.
Jika tidak terlihat kerusakan pisik, dengan cara pengecekan tegangan rangkaian.

Hidupkan pemancar  kontrol, hidupkan rangkaian penerima

 Pengukuran keluaran IC kaki no. 6  [ angka 1]
Gunakan volt-meter dengan probe merah berada di kaki IC no.6 sedangkan probe hitam berada di jalur negatif, kemudian putar kontrol kiri [ amati volt-meter ] putar lagi kontrol kanan [amati volt-meter]. Pada salah satu posisi [kiri atau kanan] kaki no.6 harus terukur ada tegangan ± 1,5volt
Langkah pengecekan kaki IC no.7 sama dengan langkah pengecekan diatas.

Pengukuran keluaran kaki IC no. 7 [ angka 2 ]
Gunakan volt-meter dengan probe merah berada di kaki IC no.7  sedangkan probe hitam berada di jalur negatif, kemudian putar kontrol kiri [ amati volt-meter ] putar lagi kontrol kanan [amati volt-meter]. Pada salah satu posisi [kiri atau kanan] kaki no.6 harus terukur ada tegangan ± 1,5volt

Yang perlu diperhatikan dalam pengecekan ini adalah :
Untuk mengetahui secara pasti mana yang kiri dan mana yang kanan, perhatikan saat memutar kendali kiri kaki No.6  atau No. 7 yang mengeluarkan tegangan, berarti kaki tersebut adalah keluaran perintah kiri  demikian sebaliknya.

Pengecekan pada angka 3 dan 4 [Q1 & Q6]: adanya perubahan tegangan saat perintah diaktifkan berarti TR FCS9014  [atau type lain] normal. Terutama pada kaki Basis dari TR 8050 maupun  8550 [kolektor FCS9014] harus berfungsi dengan baik,

Pengecekan keluaran motor  [titik A dan B pada gbr.01]

gbr-04

Keadaan pengukuran dengan Volt-meter [gbr kiri]
akan menyimpang sebesar tegangan baterai hanya pada satu perintah tertentu [ kiri saja atau kanan saja]  jika tidak ada tegangan bisa diperkirakan kerusakan terdapat pada Q2 [8550]

Keadaan pengukuran dengan Volt-meter [gbr kanan]
akan menyimpang sebesar tegangan baterai hanya pada satu perintah tertentu [ kiri saja atau kanan saja]  jika tidak ada tegangan bisa diperkirakan kerusakan terdapat pada  Q4 [8550]

gbr-05

Keadaan pengukuran dengan Volt-meter [gbr kiri]
akan menyimpang sebesar tegangan baterai hanya pada satu perintah tertentu [ kiri saja atau kanan saja]  jika tidak ada tegangan bisa diperkirakan kerusakan terdapat pada  Q3 [8050]

Keadaan pengukuran dengan Volt-meter  [gbr kanan] 
akan menyimpang sebesar tegangan baterai hanya pada satu perintah tertentu [ kiri saja atau kanan saja]  jika tidak ada tegangan bisa diperkirakan kerusakan terdapat pada  Q5 [8050]

Pengukuran / pengecekan yang  bisa dilakukan sebelum menyambung motor depan

gbr-06

Jarum volt-meter akan menyimpang kekanan sebesar tegangan baterai hanya pada satu perintah tertentu [ kiri saja atau kanan saja] pada multimeter digital akan terbaca tegangan positif [ Mis : 9.05 v] namun jika perintah berlawanan / dibalik  maka jarum volt-meter akan menyimpang kekiri [ jangan terlalu lama keadaan pengukuran terbalik ini jika menggunakan volt-meter analog ] dan pada voltmeter digital akan terbaca tegangan negatip  [Mis : -9.6v] 

Detail kaki Transistor
gbr-07
Cara termudah adalah : ganti keempat transistor [8050 - 2 buah, 8550 - 2 buah] Pastikan pemasangan transistor dengan benar.
Mempelajari kemudian memahami bagian per bagian sangat diperlukan, semoga berguna. 

WARNING :

ARTIKEL INI ADALAH HASIL EXPERIMENT DARI BIYANT RUMPOKO, BUKAN MERUPAKAN COPAS ATAUPUN EDITAN DARI SITUS LAIN

41 komentar:

teguh adi kurnia mengatakan...

ic rx2b ma ic tx2b bisa di ganti ma ic lain ga ya?kalo bisa tipe pa?

biyant_rumpoko mengatakan...

blm tahu, belum coba..

Bedjo darmodidjoyo mengatakan...

Assalamualaikum... mas saya muis... saya punya RC 4 WD turbo drft... baru beli terus selang 1 hari g bisa belok... udh saya cek, transistornya... udh tak ganti pula, tapi setiap tak ganti pasti meletus lagi. apanya ya? tolong di bantu.

biyant rumpoko mengatakan...

WSWB... jika meletus, disebabkan karena terbaliknya pemasangan KAKI transistor, [walau posisi berdasarkan bentuk fisik transistor dan gambar di pcb sama] atau tertukarnya tempat transistor, mungkin bisa anda baca artikel tentang KEMUDI diblog ini.

Bedjo darmodidjoyo mengatakan...

iya pak, saya amati rangkaiannya salah, saya buat lagi rangkaian yg baru dengan PCB, tapi kok tegangan yang keluar ke motor kok gag bisa besar ya? sehingga g bs nggerakin motor

obat herbal glaukoma mengatakan...

info dan tipsnya menarik gan, terimakasih

Obat Alami Diare mengatakan...

makasih sudah membagikan info dan ilmunya, semoga bermanfaat.. sukses selalu gan

Obat Jerawat Tradisional mengatakan...

thaks for info

Fajar Christianto mengatakan...

Christ
Malan gan, saya mau tanya ni.
Saya baru saja membeli RC Heli dengan frekuensi 27,145 Mhz.
Yg saya ingin tanyakan, berapa jarak maksimal antara remote dan heli?
RC saya kadang suka lepas control jika jarak dengan remote skitar 5m.
Mohon solusinya.
Thanks gan.

biyant rumpoko mengatakan...

Fajar :saya tidak terlalu banyak oprek heli,RC Heli dengan frekuensi 27,145 Mhz, banyak macamnya.. milik anda termasuk yang mana?

mang prop mengatakan...

artikel yang luar biasa, pahala dan kelancaran rizki semoga tercurah ke agan sekeluarga.

fb.mangprop

biyant rumpoko mengatakan...

Mang prop : Amin amin amin

adi avia mengatakan...

gan,numpang tanya.RC-ku gak bisa maju maupun mundur.setelah tak ganti transistornya bisa normal.tetapi baru beberapa menit pakai kok transistor rusak lagi ya??kira2 apa yang harus tak lakukan??mohon bantuannya

Dian Aripianto mengatakan...

mas sy punya macam2 mesin rc qd cuma pd rusak!yg sy mau tahu apa penyebabnya kalau strom langsung masuk kedinamo maju+mundur,mesin yg sy punya ada yg 3 &4 relay tolong dong dijelaskan!!tx sebelumnye

biyant rumpoko mengatakan...

Dian A : bisa relay lengket/rusak, relay on terus. disebabkan relay-nya yg rusak atau TR "driver" relay- yg rusaknya

danang ruliyanto mengatakan...

gan mobil rc ku cuma bisa jarak 2m,lbih dri itu udh lepas kontrol..knpa ya??

biyant rumpoko mengatakan...

danang r : cek baterai remote-nya [ ganti baru ]

franata subhan mengatakan...

maaf mas, rc saya remot nya rusak, terus ceritanya mau ganti remot yang lain bisa ga?? terus apa saja yang harus di ganti?? thank u sebelum nya..

biyant rumpoko mengatakan...

klo ganti remot, ganti satu set.. remote dan penerima di mobilnya

Anonim mengatakan...

Maaf pak mau tanya, saya punya nqd monster truck, pernah tak pakein baterai lipo 11,1v tp skrg mlh gk mau maju ato mundur, kira2 yg rusak apanya ya?
Belok kanan kiri dan dinamo di cek masih fungsi semua, normal,,
Terimakasih,,

dzikri hebat mengatakan...

punya gue dah di ganti transistor nya mala gk jalan dan yang terjadi transistor 8550nya panas

Anonim mengatakan...

Salaam om biyant,mau tanya ? Saya pemula nich coba2 bongkar mobil RC 40mHz,biasa bongkar handphone. Jadi agak bingung. Kemarin habis pasang lampu tambahan yang pangkai rangkain. Saya ambil teg dari PCB motor kemudi. Habis pasang bukan nyala, malahan begitu remot ON si mobil malah mundur sendiri ,begitu di tekan mundur mesin mati. Barang kali om biyant tahu solusinya. Terima kasih.

yusdi mengatakan...

Bang, sya prnah slah pasang TR. Sya pasangnya yg 8550, pdhal dsitu seharusnya 8050. Jadinya RC sya hanya bisa blok ke kanan, ke kiri dag mau. Gimana cara perbaikinnya bang?? Terima kasih

biyant_rumpoko mengatakan...

yusdi :coba lagi dengan tr yg baru dengan benar..

yusdi mengatakan...

Udah bang tetap gak bisa, gimana tuhh? Ceritanya kan dlu sya pasang baterai yg 12V, trus sya pasang lgi baterai standar yg 9,6V. Trus langsung berasap aja tuu, ada yg angus

blues n rock mengatakan...

bang maaf nih ane mau nanya. mobil rc dfirt ane kanapa yaa kalo dicolik baterai nya nyala sendiri.

Sabiq Abdul mengatakan...

haha barang jaman sekarang murah tp langsung jebol, saya bli rc crawel king, baru sekali make transistor F nya ganti karna hangus, trus lanjut main lgi baru 15 menit ga bisa belok, trasistor 8050 angus lgi, saya ganti lgi, ehh transistor 8550 nya meletus, kemudian saya ganti semua transistor stering dngan posisi yg sama tp malah ga jalan,, trus saya masukin pcb nya ke air dlm posisi on,, alhamdulillah hati total :D ganti yg baru

biyant_rumpoko mengatakan...

@blues N R : mungkin bermasalah pada "ON/OFF" anda.

Bagus Martha mengatakan...

Info mas, RC sy gak bisa belok ke kanan apa penyebabnya,..
Ada yg jual gak mesin atau rangkaian RC biar langsung pasang RC sy scala 1:10..

jaka santang mengatakan...

Assalam mf mas mobil remot saya ga jalan kira kira apanya ya padahal remot udah nyala

jaka santang mengatakan...

Assalam mf mas mobil remot saya ga jalan kira kira apanya ya padahal remot udah nyala

biyant_rumpoko mengatakan...

jaka s : ada beberapa bagian yg perlu dicermati dulu, jika pertanyaan anda lebih spesifik akan membantu memberikan solusinya

Anonim mengatakan...

RC car saya mendadak gak bisa jarak jauh, remot harus di dekatkan -+ 3cm ke mobil, yang perlu di perbaiki atau di ganti apa nya ya?

Anonim mengatakan...

Om ... Rangkaian RX ane pakai transistor mlc 8050 38, alternatifnya apa kl mw ganti seri transistor lain dan harus ganti berapa buah transistor om??? dirangkaian transistor seri mlc ada 4 buah ... rusak 1, berhubung susah nyari seri transistornya ke toko" elektronika ... ane punya cadangan kanibal transistornya seri H 8050 ... mohon bantuannya om

Nora Yuana mengatakan...

Om saya punya heli copter 3,5 ch tapi remot nya rusak ada ngk jual nya

padi bae mengatakan...

Gan mau nanya klo ane cuma bisa mundurnya ajh, tp majunya gx bisa, nah itu transistornya atau yg lainnya? Klo ganti transistor itu yg tipe berapa gan, mohon pencerahannya gab
terimakasih

SULIS TIANUR mengatakan...

bang mau nanya nih rx saya tidak mau bekerja masalahnya apa ya bang kalau tx saya bekerja sudah saya tes pake alat ukur frekuensi. kira kira apa ya masalah pada rxnya saya bang mohon pencerahanya bang

yudith pandu mengatakan...

Sore mas..mau tanya ne.saya punya jetsky qd.ketika saklar on tr 8050 dan 8550 untuk motor maju mundur nya panas..motor g berputar.sudah saya ganti tp tetap panas.sedang utk tr kemudi aman2 saja.kira2 apa penyebabnya mas..terima kasih

yudith pandu mengatakan...

Sore mas..mau tanya ne.saya punya jetsky qd.ketika saklar on tr 8050 dan 8550 untuk motor maju mundur nya panas..motor g berputar.sudah saya ganti tp tetap panas.sedang utk tr kemudi aman2 saja.kira2 apa penyebabnya mas..terima kasih

Candra Wijayanto mengatakan...

Mas, lokasi mana..aku udah baca artikel anda ya beberapa lah. Terus udah tak coba tapi gak berhasil. Kalo saya main ke tempat anda gimana mas biyan..

Candra Wijayanto mengatakan...

Mas, lokasi mana..aku udah baca artikel anda ya beberapa lah. Terus udah tak coba tapi gak berhasil. Kalo saya main ke tempat anda gimana mas biyan..

Poskan Komentar