Jumat, 08 Februari 2013

SIGNAL CHECKER RADIO CONTROL



Jika RCQD kita rusak, misalnya belok kiri tidak fungsi..  apa yang harus kita periksa pertama kali??. Apakah  yang anda buka untuk diperiksa pertama kali??. Receiver di mobil2an atau Control Unit-nya..??
Alat bantu dalam memperbaiki rangkaian ternyata masih doninan dan sangat dibutuhkan untuk mewakili mata dan rasa kita dalam menentukan / melacak suatu kerusakan pada rangkaian RCQD. Antara lain Multimeter [ amper, volt, ohm-meter ] 

Pada artikel ini, saya akan share sebuah alat yang selama ini menjadi andalan saya, dalam melakukan pengecekan pada RCQD. Alat ini sebenarnya sangat banyak digunakan sebagai indikator/alat ukur.
Dan mungkin dari sebagian yang menekuni elektronika sangat mengenalnya, hanya saja sebagian besar hobbies kurang menyadari bahwa alat sederhana ini bisa dimanfaatkan untuk “Checker” khususnya untuk membantu mendeteksi kerusakan pada RCQD.

Sinyal Indikator.
Inilah alat yang saya maksudkan. Dengan alat ini kita bisa mengetahui kerusakan RCQD. Sehingga mengurangi resiko “salah alamat “ dalam membongkar rcqd. Alat ini dapat membantu kita untuk  menentukan apakah control unitnya.. atau receivernya yang rusak. Alat sederhana ini telah membantu saya beberapa tahun dalam menghemat waktu, tenaga dan biaya.

Bahan yang digunakan :
1 buah VU-meter, 2 buah dioda detector IN60 atau OA90, dan 1buah kondensator keramik/mica 1KPf.
Jika sulit mendapatkan dioda diatas dapat menggunakan IN4148 [dengan kepekaan sedikit berkurang]

Rangkaian :
Cara pemakaian
Hubungkan / tempelkan “Probe” pada antena remote kemudian tekan satu persatu perintah remote [maju1, maju 2, mundur, kiri, kanan]. Saat menekan perintah pemancar remote akan memancarkan gelombang. Sinyal pancaran  tersebut akan menggerakkan jarum VU pada posisi tertentu. Simpangan jarum semakin menjauh dari angka 0 semakin bagus. [ bisa dibedakan dengan menggunakanbaterai hampir habis dengan baterai baru]. Jika terjadi gerakan menyimpang pada jarum VU pada setiap perintah berarti “KERUSAKAN BUKAN PADA PESAWAT TELEVISI ANDA”. Alias Control unit anda dalam keadaan baik.

Catatan
Setelah cara pemakaian diatas anda terapkan dengan semua perintah yang ada bisa menggerakkan jarum VU, berarti control unit anda dalam keadaan baik. barulah anda membuka receiver pada mobil QD-nya. Dengan demikian anda tidak akan salah kamar untuk menentukan kerusakan yang terjadi.

PERHATIAN
Alat ini digunakan dengan mengabaikan satuan besaran yang ada [Watt, dB, dll] karena tidak menggunakan penalaan [calibration]. Satu –satunya “satuan” yang bisa digunakan pada alat sederhana ini hanya Prosentase [%] dari gerak simpangan jarum VU. Dan Alat ini hanya bekerja pada remote QD, “mungkin” tidak berfungsi pada remote jenis Propo/digital karena remote Propo/digital bekerja pada frekuensi yang sangat tinggi.

Review:


VU yang saya gunakan adalah VU bekas dari Walkie Talkie, dengan gerak simpangan jarumnya “kekiri”. Anda bisa gunakan model yang lain. bekas tape deck atau beli baru. VU pada umumnya gerak simpangan jarumnya “kekanan”. Walau hal ini berbeda namun tidak berpengaruh [sama saja].


Pemasangan dioda langsung menempel pada terminal VU-meter.
Ujung kabel merah merupakan "probe" dimana kita menempelkan antena remote.
selamat mencoba...


Alhamdulillah...
Semua yang saya tau dan bisa tentang RC-QD telah saya bagi dengan anda, melalui 31 artikel dalam blog ini, Harapan saya semoga menginspirasi, dan memacu kreatifitas anda untuk mengembangkannya. 
Dibaca tidak dibaca, lega rasanya bisa berbagi dengan anda. Nikmat inilah mungkin yang didapat dari apa yang ada didalam pikiran dan mewujudkan dalam bentuk artikel blog. Salam.....


WARNING :


ARTIKEL INI ADALAH HASIL EXPERIMENT DARI BIYANT RUMPOKO, BUKAN MERUPAKAN COPAS ATAUPUN EDITAN DARI SITUS LAIN

8 komentar:

daffa reflyan mengatakan...

salam kenal mas...artikelnya bagus, sy pengen mempelajari cara servis mobil remot control....

prana mengatakan...

bang biyant saya mau tanya, saya pake pcb sanzuan tp pake batre lipo yg 11v. apa transistor dan resistor nya harus di ganti semua? klo di ganti, di ganti pake transistor dan resistor yg brp? terimakasih banyak :D

biyant_rumpoko mengatakan...

>> prana : nggak ada yang diubah, asalkan jalur yang ke IC dan Receiver tetap 7,2V - 9,6V. 11,1V lipo kejalur yang masuk ke relai saja.

Anonim mengatakan...

mas mau tanya maklum oon fungsi kabel biru di batrai mobile romote rc itu arusnya(-)/(+) ya... maff sebleunya karena bongkar2 mobil rc kabelnya banyak yang putus,,,,, terus batrainya entah keman di buang saudarasaya .....(apes...)... kalau mau ganti batrai atau modif batrai sendiri kira2 bisa ga gan...... n bisa gak kalau pakek adaptor langsung tesnya....langsung colok di mobile.....tolong sekemanya gan kalau ada hehheheheh...

biyant_rumpoko mengatakan...

>> (Nama???):skema - dll silakan buka artikel lain blog ini.

Anonim mengatakan...

mas salam kenal dari fudin malang,, mw tanya klo mau beli receiver dan transmitter di toko elektro ap ad? klo ad namanya ap, soalnya saya mau beli untuk menggantikan mobil rc saya yang rusak tapi saya belum tau namanya.. tolong di balas spy saya tau ,, trim.

Ade Satria Wardana mengatakan...

mas, kalo jarum VU meternya nya diganti pakek jarum AVO meter bisa gak?

biyant rumpoko mengatakan...

Ade SW : prinsip bisa... silakan dicoba saja

Poskan Komentar