Senin, 18 Juni 2012

MODIFIKASI TRANSISTOR H-BRIDGE ke RELAY

Cara mudah modifikasi rangkaian Transistor H-Bridge ke rangkaian Relay.

Jika rangkaian penerima yang terdapat pada mobil RC menggunakan rangkaian transistor, maka modifikasi speed nya mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi, disamping mahalnya biaya yang harus dikeluarkan.
Namun jika menggunakan relay, akan lebih mudah dan murah.......
Artikel ini menyajikan cara mudah untuk memodifikasi rangkaian Transistor H-Bridge ke rangkaian Relay.


Pertama  cari bagian rangkaian penggerak motor yang terdiri dari 6 transistor. Bagian ini terletak dekat soldir-an kabel motor yang berada di PCB. Solderan ini merupakan keluaran ( Output) dari rangkaian tersebut. Rangkaian ini akan berawal dari kaki IC  (pin 10&11 atau11 & 12) dimana pin ini merupakan keluaran IC (tegangan untuk melakukan perintah bergerak maju dan mundur)

dalam bentuk skema bagian tersebut akan terlihat sbb:


Perhatikan dengan seksama antara skema dengan layout pada PCB, terutama letak tanda titik berwarna merah, hijau dan abu-abu, Q1 & Q6, R1 & R4.jika sudah ketemu layout PCB-nya lakukan langkah berikut ini :

LANGKAH - 1

- Lepaskan kabel motor dari PCB
- Lepaskan R1 & R4.
- Sambungkan kedua titik merah langsung ke Vcc ( +9Volt )
- potong jalur pada titik abu-abu dengan cutter.
- potong jalur titik hijau A dan B

setelah melakukan pemotongan jalur PCB tersebut  maka hubungkan titik A, B, Vcc (9volt) dan negatip pd  PCB telah siap teruskan pada langkah berikutnya.

LANGKAH - 2

Hubungkan hasil LANGKAH - 1 ke rangkaian relay dibawah ini :



gbr. SKEMA MODIFIKASI  TRANSISTOR ke RELAY 
Ket :
RL 1 untuk gerakan  MAJU
RL 2 untuk gerakan MUNDUR

Langkah berikutnya pasang/solder kembali kabel + motornya. Lakukan setahap demi setahap.

Pada tahap ini, jika mobil diperintah maju malah bergerak mundur... jangan panik.... mudah saja... dengan membalik letak solderan kabel yang terhubung dengan motor ..... beres wiss.. ( ingat MOTOR DC)...
Jika modif ini dikerjakan sesuai gambar diatas berarti  mobilmu siap digunakan kembali.....

jika upgrade speed ingin dilakukan sekaligus.. mudah saja...
Hubungkan hasil LANGKAH - 1 dengan rrangkaian skema dibawah ini.:


gbr. SKEMA MODIFIKASI RELAY SPEED

Ket :
RL 1 untuk gerakan  MAJU
RL 2 untuk gerakan MUNDUR
Saklar posisi NORM  =  speed maju normal dan mundur normal
Saklar posisi TURBO =  speed maju TURBO dan mundur normal

perbedaan skema ini hanya terletak pada SAKLAR dan RL 3, dimana RL 3 digunakan untuk menambah kecepatan yang disuplay oleh BATERAY TAMBAHAN. Perhatikan polaritas bateray saat menyambungkan ke RL 3 sesuaikan skema, jangan terbalik..

Selamat mencoba... 

WARNING :
SEMUA MATERI PADA ARTIKEL INI ADALAH HASIL DARI EKSPERIMEN PRIBADI biyantrumpoko.blogspot.com BUKAN INDUK-AN ATAU EDITAN DARI SITUS LAIN


Gambar SKEMA MODIFIKASI  TRANSISTOR ke RELAY dan gbr. SKEMA MODIFIKASI RELAY SPEED  diatas terdapat kekeliruan dan sejak 6 Februari 2013 TELAH DIREVISI. Dengan demikian kekeliruan telah dibetulkan. 
Mohon maaf untuk ketidak-nyamanan ini.

Terima kasih untuk Sdr. Lampardi  atas koreksinya.

19 komentar:

Anonim mengatakan...

mantab.......

LA RIDWAN AMI mengatakan...

thanks.....

riyanto mengatakan...

bisa tambahin edisi depan dengan skema utuh dari skema buat relay nya bro.... makasih mantep2 ilmunya... jd rujukan utama buat belajar

biyant_rumpoko mengatakan...

jika memang banyak yang membutuhkan skemanya, Insyaallah akan sy postingkan. ditunggu ..

Priayanto mengatakan...

yg jadi pertanyaan sampe hari ini bagi saya adalah apakah IC RX n TX 2B itu di jual bebas (mudah di dapatkan di toko part elektronik) apa tidak........

biyant_rumpoko mengatakan...

khusus untuk IC TX-xx & RX-xx hingga saat inipun saya sendiri belum menemukan di pasaran bebas [Bandung, Semarang , Yogja, Solo, Surabaya] pernah ketemu online [tp lupa juga]pemesanan minimal 100bj. semoga menjawab 1/2 bagian dari pertanyaan anda selama ini..

Anonim mengatakan...

minta skema rangkaian rc yang lengkap dong mas,thank's

Alfis Sahri mengatakan...

maaf nih gan mau tanya yang turbo atau relay 3 it voltase yang masuk ke motor 18 volt atau voltase tetep tp Mah brtmbh,,jlas nya lgi seri atau paralel.makasih.

Lampardi mengatakan...

ma'af gan....sama2 belajar!! gbr. SKEMA MODIFIKASI TRANSITOR KE RELAY. klu ane Perhatikan skemanya, begitu rangkaian di ON-kan. MOTOR-nya langsung ngacir. mohon dikoreksi gan....! terimakasih.

biyant_rumpoko mengatakan...

@Lampardi : Terima kasih om.. koreksinya.. anda benar.. kekeliruan gambar telah saya revisi tgl 6 Februari 2013 - 16:33 sekali lagi Terima kasih.

Anonim mengatakan...

relay yang 6v mang berapaan sih mas?cz setau saya yang 12v ja 5rb-an (teguh)

biyant_rumpoko mengatakan...

@teguh: relatif yha... lain kota mungkin tdk sama.. yang kualitas biasa kurang lebih segitu lah

eko ko eko mengatakan...

malah pusing mas,mau modif ke relay
mungkin kalo ada gambar asli hasil modifnya mas??
oiya mas,, saya tgl dijogja

biyant_rumpoko mengatakan...

Eko ko ko ko : kok malah pusing.. hahaha, deket berarti nggak jauh-jauh banget , aku nang ambarawa mas..

eko ko eko mengatakan...

wah ya tak praktekne mas..
dongane wae ya mas

nur maulana sidik mengatakan...

kak kalau transitor yg saya lingkari di lepas bisa gak ?

nur maulana sidik mengatakan...

( Q2, Q4, Q3, Q5 )

biyant rumpoko mengatakan...

DILEPAS??? BISA..!! NGEMBALIKANNYA YG KAMUHARUS PINTER..

nur maulana sidik mengatakan...

lha kalau tagangan vcc ke ic tpi inputnya pas dicek normal stelah di pasang malah kutang dari 1 Volt. apa icnya yang rusak ?

Poskan Komentar