Sabtu, 01 September 2012

UPGRADE SPEED RC-QD : Gear Down Function


Mensiasati Gear Down Function


Gear Down Function
Adalah berpindahnya speed-2 (Turbo) menjadi speed-1 secara automatic (pada saat berbelok), yang banyak ditemukan pada rangkaian radio control QD.

Gejala ini bukan merupakan sebuah kerusakan. Hal ini terjadi karena adanya fasilitas Gear Down Function pada IC. Fungsi ini bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan melalui Pin yang tersedia ( misalnya pada : TX-6/RX-6). Sayangnya Pin ini tidak tersedia pada berapa tipe IC yang justru banyak terdapat pada PCB jenis QD  (TX-2, RX-2 / TX-2B, RX-2B)

Fungsi ini aktif pada beberapa produk, yaitu ditandai dengan penurunan kecepatan secara drastis saat berbelok. Terutama pada jenis Non-Drift.  Namun lain halnya dengan jenis Drift. Pada posisi Speed turbo hidup, tidak terjadi penurunan kecepatan yang drastis saat berbelok, karena hal ini dibutuhkan untuk mendapatkan efek “nge-sot” (Slip) yang menjadi ciri dan keasyikan main jenis Drift

Dari perbedaan ini akhirnya saya bandingkan dan saya amati perbedaan yang ada. Terutama pada layout PCB, dan konfigurasi kaki IC. Dengan memperhatikan letak Pin Forward, Backward dan Turbo kita bisa mensiasati gerak sesuai dengan keinginan kita. Gear Down Funtion ini hanya berfungsi pada kaki/pin Turbo-nya saja.

Pada artikel ini mengambil contoh  IC CMOS RX-2B / TX – 2B. dan SM3165. Karena IC seri ini yang paling banyak dijumpai pada RC QD, 

Sebenarnya sangat sederhana saja, kita tinggal membalikkan jalur perintahnya hingga perintah Turbo menjadi perintah Speed-1 dan perintah Speed-1 menjadi perintah Turbo. Nggak usah bingung dengan hal sederhana ini. Yang perlu kita perhatikan adalah Pin 5 dan  6 pada IC control unitnya (TX-2B) serta Pin 11 dan 12 pada IC unit penerimanya (RX-2B)

Gambar Letak Pin IC TX-2B
figure - 1
Perubahan yang dilakukan pada Pemancar (Control Unit) adalah dengan memindahkan / membalik /sambungan switch F – (Forward) ke switch T (Turbo) , ( Pin 4 ke Pin 5 dan Pin 5 ke Pin 4) sehingga fungsinya berbalik namun masih pada posisi urutan switch perintah tidak berubah.

figure-2
Buat modifikasi dari figure-1 menjadi figure-2.

figure-3. penerapan pada PCB pemancar
Membalik perintah Speed-1 ke Turbo dan sebaliknya/
1. potong jalur PCB bertanda garis kuning
2. buat "Jumper" seperti garis merah dan hijau

Kemudian diikuti dengan perubahan pada unit penerimanya (RX)

Gambar letak pin IC RX-2B dan upgrade-nya
figure-4
Hal yang sama dilakukan pada bagian penerimanya. Perintah yang diterima kita balikkan sehingga perintah speed-1 / Forward (PIN 11) kita pindakan keperintah Speed – 2 / Turbo (PIN 12). Balikkan / tukarkan sambungan pin 11 ke Pin 12 dan sambungan Pin 12 ke Pin 11.

figure-5. penerapan pada PCB penerima
Sehingga yang terjadi :
Saat perintah Speed-1 ditekan, yang bekerja adalah jalur perintah Turbo pada IC, namun yang  bergerak adalah Speed-1 ( bukan turbo lagi karena sudah kita balik ). 
Dan saat anda menekan perintah  Turbo yang  bekerja adalah jalur perintah Speed-1 pada IC, namun yang bergerak adalah  Turbo (tidak lagi Speed-1, inipun karena sudah kita balik). Sehingga dalam keadaan Turbo menggunakan perintah Speed-1, Gear Down Function-nya tidak berfungsi. Dengan keadaan ini, anda akan tetap berada pada Speed-2 (Turbo) saat berbelok.

Jika masih terjadi sedikit penurunan kecepatan itu hanya karena droping tegangan supply dari baterai. Karena baterai bawaan QD dan QD-Drift yang beredar di pasaran saat ini menurut saya “tidak ada yang bagus”. Accu kering-nya sekalipun. Terutama RC QD dengan kisaran harga 250 – 300 ribu

Dengan meng-“Uthak-athik” pin IC tersebut bisa dijadikan solusi bagi anda, apakah mau turun ke “Speed-1” saat berbelok, atau tetap pada “Turbo” saat berbelok.. terserah anda…

Jika anda masih bingung, buat saja modifikasi seperti pada penerapan masing-masing PCBnya. Sangat diharapkan masukan ide / solusi atau cara lain yang mungkin telah anda ketahui.

WARNING :
Karena banyaknya keluhan mengenai kasus penurunan kecepatan ini maka saya coba uthak-athik beberapa PCB yang ada, dan ARTIKEL INI ADALAH HASIL DARI EXPERIMENT biyantrumpoko, DAN BUKAN MERUPAKAN COPY-AN / EDITAN DARI SITUS / BLOG LAIN

Selamat mencoba…………

Best Regard,
Biyant Rumpoko




28 komentar:

SPAC mengatakan...

gan klo mw pake aki kering ap harus ad komponen yg di ubah??

biyant_rumpoko mengatakan...

tidak.

Anonim mengatakan...

Mas Bro mau tanya, klo misalkan udah di modif turbo dengan 2 baterai seperti "cara Mudah I & II", pada post sebelumnya, apakah ada modifikasi lagi atau sama saja?
trims... @adji

randy ramadan mengatakan...

gan berapa ukuran aki kering,bisa tahan lama ya mainnya dan speednya bisa bertambah gan....

biyant_rumpoko mengatakan...

aki kering sama saja. speed segitu aja, durasi jg sekitar 10-15 menit. Coba baterai Lipo

randy ramadan mengatakan...

mobil ku sanzuan sudah pake turbo (2 baterai).yang saya mau tanyakan klo bagusnya pke baterai lipo merek ap ya...trus ukuran mAH,berapa s,dan ukuran volt...

biyant_rumpoko mengatakan...

12volt,mAH lebih besar lebih baik. tp tegangan ke PCB disesuaikan [ tetap 9,6volt ] -detail baca artikel lain diblog ini.

randy ramadan mengatakan...

berarti baterainya pakai 2 atau 1...klo 1 baterai lipo yg di pake,soket mana yang di pasangi gan turbo atau standar...!!

biyant_rumpoko mengatakan...

pakai satu max 12V mAH-nya makin besar makin bagus pakai soket standard, tp kabel merah soket turbo di hubungkan ke [+]

Jovansa Pradipta Purwantoro mengatakan...

Om di upgrade geardown function. Yg terjadi pd rcqdku.saat belok akan selalu kespeed 2 walaupun tanpa menekan tombol turbo.tapi ga beberapa lama hbridge steeringnya eror. Posisi saklar remot belok tapi rcqdnya ga respon cuma turbo posisi on (walaupun tanpa memencet saklar turbo). Akhirnya aku gantike6 tr hbridge lg. Berulangkali (ane dah 3 kli ganti trnya boa he..he..)apakah mgkn ada solusi hbridge tr steeringnya ganti relayu om?. Dan apakah kira2 pengaruhnya sama yah? Aku dah pernah coba pake tambahan pcb rxtx bekas tapiasih berfungsi dg tujuan steering sama penggerak belakang pcbnya sendiri. (pcb tambahan freq. Sama = 27mhz. Yg terjadidisaat aku puter steeringya akan mati disaat aku pencet tombol maju. Padahal remot dah sendiri2 om. Aq lg prn coba pd post nt "menambah channnel" disini aq brati membuat kode perintah pcb 1 & 2 beda dalam satu 1 freq pembawa. Kira2 apakah itu solusinya ya om.

fahri diauddin mengatakan...

agan mo numpang nanya ni,,
maklum newbie,, RC sanzuan ane ga bisa blok kiri ma kanan,,
yg prtama hrus di cek apanya ,,

biyant rumpoko mengatakan...

FAHRI D : coba cari artikel lain disini ...

chakra mengatakan...

nich hasil UPGRADE SPEED RC-QD : Gear Down Function saya bos biyant rumpoko https://www.dropbox.com/s/a46z8cr7zyvb6se/IMG_20130509_203817.jpg
berhasil dengan baik tapi nga sempot upload yang di control nya bos....

Faridal AR mengatakan...

gan minta tolong mengulas tentang r/c nqd crawler dong... ane bingung nih r/c ane 1/10 nqd crawler nggk bisa manjat benda yg lebih besar dr bannya. yg ane jg mau tanya apakah daya manjat mobil itu sama dengan kecepatan waktu berjalan lurus tanpa hambatan?? trus apakah menambah volt pd batre bisa meningkatkan kekuatan crawlingnya??

arief juliansyah mengatakan...

gan ada kah jual komponen elektriknya saya punya terbakar (short) tks ...

biyant rumpoko mengatakan...

arief J: semua komponen ada di toko komponen elektronik kecuali IC sulit cari

eko wahyudi mengatakan...

Mas bisa gak kalo sistem stering dirc nqdv ganti pake servo dengan elekronik bawaan tanks

biyant rumpoko mengatakan...

eko w : tidak bisa.

bongkarindonesia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Heru Sujono mengatakan...

mas kabel pstif tu yg merah pa htam pda vmax?

biyant rumpoko mengatakan...

Heru S : merah

kuda sangek mengatakan...

asslmakum, slam kenal mas biyant rumpoko
saya punya rc vmax turbo, rencana mau pake batt lipo turnygi 11,1V 2200Mah 20C,
1. TR yang mau diganti brapa biji?
trs kl speednya sdh di rubah speed 1 jd speed 2, speed 2 jd speed 1.
2. apakah bs cm pakai 1 batt lipo turnygi 11,1V 2200Mah 20C atau hrs pake 2 batt?
trs kl memang bs cm pake 1 batt lipo turnygi 11,1V 2200Mah 20C,
3. soket yang mana yang harus di pasang batt?

biyant rumpoko mengatakan...

2 pertanyaan anda [ 1 di judul lain] topiknya hampir sama, jawabnya terlalu panjang,.disarankan lihat artikel upgrade lipo ..di blog ini.

kuda sangek mengatakan...

Maaf mas, sy sdh bc artikel di atas tp msh krng ngerti maaf orang awam. Jd soket mana yg hrs di pasingin pake lipo. Mksh

Satu Dua mengatakan...

Mas biyan rc saya vmax turbo frekuensinya 35mhz ada tombol turbonya. Pcb pemancar rc saya beda dngan pcb pemancar yg di atas contoh punya mas. Yg mau saya tanyakan apakah sama cara pemotongan jalur di pcb pemancar rc saya dengan pcb pemancar punya mas biyan. Ni pcb pemancar saya jalurnya sdh saya potong.

Satu Dua mengatakan...

Ni gambarnya mas sdh saya potong jalurnya

Satu Dua mengatakan...

Maaf mas gambarnya gk bs di uplode eror

saga idin mengatakan...

Gan kalo pinya saya sanzuan vmax turbo, ada tombol turbonya sendiri, pengn di upgrade geardownnya gmn ?

Poskan Komentar