Sabtu, 07 Juli 2012

MOBIL MINI 4WD


Jenis Mobil mini 4wd
Seiring dengan perkembangannya di Indonesia, Ada beberapa jenis tamiya mini 4 wd yang biasa dimainkan / dilombakan.

1.      Tamiya standart
Tamiya yang tidak dimodifikasi, untuk mengatasi rintangan track jenis ini tidak stabil karena belum menggunakan tambahan / modifikasi apapun. Pemakaina Kap/ Body wajib pada kelas ini

2.      Standart Original.
Tamiya yang boleh dimodifikasi dengan menggunakan bahan part original buatan produsen mini4wd. Modifikasinya tidak terlalu ekstem, dan mudah. Karena part yang digunakan sudah instan dari pabrikan. Pemakaian Kap / Body wajib dalam kelas ini.

3.      Tamiya Standart Nasional ( slope / sloop ).
Tamiya yang telah dimodifikasi dengan ketentuan tertentu, sehingga  saat melintasi rintangan track mempunyai kestabilan yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tamiya kelas standart. Kelas ini mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Setting dan ukuran menuntut ketelitian dan perhitungan pada pembuatannya karena jenis sloop ini harus mampu menghadapi rintangan track seperti superball, halilintar, tikungan tajam, Jumping dll.

4.      Speed,
Tamiya yang modifikasinya mengutamakan kecepatan, modifikasi yang dilakukan adalah memperkuat bagian-bagiannya agar tahan benturan. Seperti memasang tambahan bumper dengan bahan PCB fiber atau bahan karbon. Pemasangan bearing pada roller, dengan ukuran tertentu. Modifikasinyapun dilakukan pada ban. Dengan menggantikan velg dari bahan teflon, karet ban diganti dengan jenis spon. Sayangnya yang beredar dipasaran pan spon ini kualitasnya kurang cocok dengan mainan ini, sehingga tidak bisa mendapatkan GRID yang bagus. Penggunaan bearing dan settingan yang pas akan meningkatkan kecepatan tamiya jenis ini walaupun menggunakan motor standart-nya.

5.      Nascar,
Adalah jenis penyempurnaan dari Speed. Bumper-bumper tambahan dari PCB fiber pun diganti dengan jenis karbon yang dianggap lebih kuat dan lebih ringan. ( sekalipun harganya juga lebih mahal ). Nascar juga menuntut ketelitian perhitungan dalam pembuatannya. Sekalipun track nascar hanya track yang panjang dan lurus, namun saat bertemu tikungan jenis ini harus mampu melintasinya dengan aman karena kecepatan jenis ini sangat tinggi. Disebuah tikungan membutuhkan kestabilan yang prima, karena sedikit oleng akan berakibat fatal.

6.      Drag ,
ini hanya melaju pada track lurus pada jarak tertentu. Selain modifikasi yang dilakukan mirip dengan jenis lainnya, biasanya hanya menggunakan 4 buah roller, dan beratnyapun diusahakan seringan mungkin. Motor yang digunakan dimodifikasi dengan motor putaran tinggi (RPM) . tidak heran jenis ini untuk menghentikan, menangkap mobil jenis drag harus menggunakan alat penangkap seperti spon, kain dan bahan lain untuk melindungi tangan agar tidak cidera


sebenarnya masih ada satu jenis lagi yang penulis pernah mainkan, yaitu jenis Handycup. Jenis ini dilengkapi dengan rem spon pada bagian bawah bumper depan dan bumper belakang. sayang jenis ini sudah jarang dilombakan karena sulitnya mendapatkan spon rem dipasaran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar